Pentingnya Peran Website Dalam Technopreneurship
Sebelum membahas pentingnya peran website dalam technopreneurship, perlu kita ketahui dahulu apa itu website. Nah.. website atau situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada server (hosting) yang sama berisikan kumpulan informasu yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Setiap website akan memiliki alamat atau nama domain yang unik dan berbeda-beda yang dapat diakses melalui protokol http atau https menggunakan web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan lain sebagainya.
Kenapa website ?
Karena website membutuhkan biaya yang relatif lebih murah dan mudah dalam penyusunannya. Namun mudah di sini berarti bukan tanpa optimasi dan perencanaan yang baik. Diperlukan manajemen web yang baik sehingga website yang dibangun dapat memberi manfaat seperti : mendukung bisnis, dikenal dan mendatangkan trafik yang sesuai/terkait, menjadi media rujukan, dan meningkatkan reputasi. Website bisa diakses oleh semua orang dimanapun dan kapanpun, maka dari itu website sangat penting perannya dalam menjalankan technopreneurship.
Kemudian, apa peran website dalam technopreneurship?
Berikut ini adalah beberapa peran dan manfaat website dalam menjalankan technopreneurship:
- Sarana Penjualan Produk
Website sangat efektif untuk digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk secara lengkap kepada user, klien, maupun masyarakat. Dari website dapat memberikan peluang untuk mendapat calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak tanpa harus mengeluarkan biaya promosi ke media yang lain.
- Mempermudah Komunikasi
Website dapat menjadi sebuah media komunikasi kita dengan klien, teman atau calon konsumen dengan bermacam-macam metode dan fitur seperti fitur komunikasi dua arah, adanya kolom komentar dan dapat dilampirkan pula kontak person kita apabila klien dan calon konsumen hendak berkomunikasi lebih detil mengenai produk ataupun jasa yang kita sediakan.
- Meningkatkan Trust Tentang Perusahaan
Website yang dibangun dengan baik dan terindeks di search engine seperti google, yahoo dan lain-lain dapat meningkatkan trust pelanggan untuk melakukan transaksi karena dari website tersebut, konsumen dapat melihat kevalidan dan profesionalisme perusahaan kita. Dapat pula kita lampirkan beberapa feedback atau testimoni pelanggan yang sudah membeli atau menggunakan jasa perusahaan kita pada website perusahaan untuk meningkatkan trust pelanggan dan calon konsumen.
- Sarana Publikasi Resmi Perusahaan
Website dapat digunakan pula sebagai media publikasi, seperti pengumuman undian berhadiah dan promosi dengan biaya yang lebih hemat daripada melakukan publikasi melalui media yang lain.
- Branding
Website yang dibangun dengan baik, maka akan memberikan ciri khas dan dapat mencerminkan wajah dari perusahaan. Semakin baik website perusahaan, maka semakin mudah pula kita melakukan branding perusahaan kita.
- Kemudahan Memberi Informasi
Dalam website perusahaan, dapat ditambahkan pula informasi-informasi pendukung seperti pembuatan artikel yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kita sediakan. Dengan begitu klien atau calon konsumen dapat memperoleh informasi yang jelas mengenai hal apa yang mereka cari sehingga dapat membantu mereka untuk menentukan pilihan dalam membeli atau menggunakan jasa perusahaan kita.
Demikian beberapa manfaat dan pentingnya peran website dalam technopreneurship. Website sangat mudah dan relatif murah dalam pembangunannya, namun terlepas dari hal tersebut, website juga merupakan wajah dan cerminan dari perusahaan kita. Maka dari itu kita perlu memanajemen website dengan baik supaya dapat memberikan trust yang baik kepada pelanggan.
Artikel ini merupakan bagian dari materi mata kuliah Technopreneurship Teknik Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta, kunjungi fti.mercubuana-yogya.ac.id untuk dapat melihat informasi seputar Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.